Tips Menghabiskan Waktu 14 Hari Selama Cegah Virus Corona

Beribadah Cegah Virus Corona

Pemerintah yang mulai mencegah penyebaran virus corona dengan social distancing mengharuskan warganya untuk tinggal selama 14 hari di rumah. Untuk orangtua mungkin sudah memahami hal ini namun untuk anak-anak masih belum. Untuk itu orangtua harus menjelaskan dan memberikan pemahaman mengenai pandemi ini dimana anak tidak boleh berinteraksi dengan orang lain selama social distancing dan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di rumah saja.

Berikut adalah beberapa kegiatan untuk mencegah virus corona diantaranya:

  • Breakfast challenge merupakan bentuk untuk membuat sarapan anak yang memberikan tampilan menarik, kreasi ini akan membantu anak melakukan perencanaan hingga berbelanja dan menjadi sarana untuk membuat anak belajar memasak sederhana.
  • Meditasi diperlukan untuk membuat orangtua dan anak mengurangi stres selama di rumah, meditasi adalah cara untuk menenangkan pikiran dan hari, teknik meditasi dengan cara mendengarkan, bernapas, bergerak, berekspresi dan berjalan.
  • Mewarnai merupakan kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak, kegiatan ini akan membantu anak lebih kreatif, belajar kesabaran, kerapian hingga menentukan warna yang lebih saling menyatu.

Selain itu, pada hari selanjutnya maka dapat melakukan permainan say hello. Permainan ini sudah banyak dilakukan dengan menggunakan kertas dan kaleng dengan bentuk telepon yang saling terhubung dengan benang kasur yang siap dipakai. Jika tidak memiliki kaleng dan terbuat dari kertas maka gambarlah menggunakan warna dan gunting untuk memberikan kreasi dan membantu anak untuk tetap melakukan komunikasi dengan orangtua. Selanjutnya dapat membuat boneka dari kreasi kaos kaki yang sudah digunakan. orangtua dapat meminta anak untuk memilih warna kaos lalu membuat wajah bonek, membentuk beberapa bagian boneka lalu memberikan nama boneka tersebut.

Tidak ada salahnya untuk bermain hola hoop dengan anak dengan melakukan kompetisi sederhana. Lomba ini akan memberikan hadiah kepada pemenangnya dan hal ini akan membuat anak dan orangtua untuk beraktivitas fisik selama di rumah. Selain itu, selama di rumah dan tidak membuat anak bosan maka ibu dapat melakukan permainan truth or dare dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan jika tidak dijawab maka penjawab harus melakukan tantangan, cara ini efektif untuk membangun hubungan antara anak dan orangtua. Hal ini baik selama orangtua di rumah dan memberikan perhatian lebih kepada anak dan memberikan nilai kekompakan antara anak dan orangtua.

Permainan yang dapat dilakukan bersama anak selama di rumah adalah dengan bermain tebak-tebakan makanan menggunakan penutup mata. Jenis makanan ini akan membuat anak mengenali beberapa makanan dan tentunya adalah makanan yang sehat dan menyenangkan serta paling disukai anak. Setelah bermain maka dapat mengajak anak untuk memasak sederhana. Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan sembari mengajarkan anak untuk melakukan tahapan memasak dan berikan apresiasi terhadap apa yang telah diusahakan oleh anak. Selain itu, ajak anak untuk berkebun atau bercocok tanam. Kegiatan ini baik untuk kesehatan orangtua dan anak sehingga anak akan menjalin hubungan dengan alam secara alami dan memberikan anak tingkat sosial kepada alam.

Setelah melakukan semua ini, maka pada akhir pekan social distancing ajak keluarga untuk menonton bersama. Menonton bersama dilakukan di rumah dengan mengubah area TV menjadi bioskop kecil lengkap dengan cemilan ringan. Selama berada di rumah tubuh jadi lebih sedikit bergerak oleh karena itu tetap lakukan aktifitas yoga yang dapat dilakukan bersama anak untuk mencegah infeksi virus corona walaupun tetap di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *