7 Alasan Kenapa Kamu Harus Liburan ke Gunung Pancar, Ada Pemandian Air Panasnya Juga lho

pemandian gunung pancar

Sudah punya tujuan untuk liburan akhir pekan ini? Kalau belum, gunung pancar bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga. Berlokasi di kawasan Sentul, wisata gunung pancar memang kian diminati masyarakat. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang selalu memadati gunung pancar Sentul. Dikelilingi oleh hutan pinus gunung pancar, udara di sini terbilang sejuk dan asri, cocok banget bagi kamu yang gemar dengan destinasi berhawa sejuk, selain itu wisata pemandian air panas gunung pancar juga ada lho. Sebelum liburan ke gunung pancar Bogor, ketahui dulu pesona gunung pancar berikut ini.

1. Lokasinya dekat dengan ibukota

Selain dikelilingi oleh hutan pinus gunung pancar punya daya tarik lain yang membuat masyarakat kian berbondong-bondong datang ke sini. Lokasi gunung pancar yang dekat dengan ibukota dan kota Bogor menjadi alasan kenapa wisata gunung pancar selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, gunung pancar hanya berjarak 45 kilometer dari Jakarta.

Buat kamu yang mau jalan-jalan ke gunung pancar Sentul, tenang saja karena aksesnya cukup gampang, apalagi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Kalau kamu belum pernah berkunjung ke gunung pancar, lokasinya berdekatan dengan The Jungle Land. Jadi, tak perlu takut kesasar, karena lokasi hutan pinus gunung pancar gampang banget kamu temukan.

2. Liburan hemat dengan murah meriah

Kawasan wisata gunung pancar adalah salah satu tempat wisata Bogor yang cocok buat kamu yang punya bujet pas-pasan. Harga tiket yang relatif murah tak akan membuat kantong kamu kering. Khusus untuk WNI, harga tiket masuk yang ditaksir senilai Rp 7.500 sampai Rp 15.000 saja. Sedangkan, bagi kamu yang mau camping di gunung pancar akan dikenakan biaya senilai Rp 80 ribu hingga Rp 290 ribu. Pastinya dengan fasilitas yang lengkap.

3. Tawarkan ketenangan dan kesejukan yang bisa hilangkan penat

Mungkin banyak orang yang bilang kalau liburan ke hutan itu membosankan. Padahal nyatanya, wisata gunung pancar itu menyenangkan, lho. Menelusuri hutan pinus gunung pancar sambil diiringi dengan siulan burung serta suara kumbang akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Ditambah dengan udara khas pegunungan yang segar serta suasana hutan pinus gunung pancar yang rindang dan asri tentunya bisa bikin momen liburan semakin berkesan.

Nah, kalau kamu ingin ‘kabur’ sejenak dari hiruk pikuk ibukota dan ingin berwisata dengan tenang tanpa terganggu dari bisingnya kendaraan ibukota, maka wisata gunung pancar cocok banget buat kamu datangi. Karena di sini, kamu tak hanya bisa hilangkan penat tapi juga bisa merelaksasi pikiran dan tubuh.

Selain itu, udara pegunungan yang penuh dengan oksigen di hutan pinus gunung pancar dipercaya bisa membersihkan paru-parumu dari udara penuh polusi. Tak percaya? Tenang, apapun yang ditawarkan wisata gunung pancar tak akan buat kamu kecewa, deh.

4. Banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati di gunung pancar

Selain memandangi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di gunung pancar Sentul, lho. Namanya juga liburan di hutan pastinya semua fasilitas yang ditawarkan pun berhubungan dengan alam bebas. Di gunung pancar Sentul, kamu bisa menelusuri hutan pinus gunung pancar, menaiki aneka wahana permainan seperti outbond, hiking, hingga camping seru yang menambah keseruan momen liburan bersama keluarga.

Tak hanya sebatas itu saja, masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di gunung pancar. Kalau kamu suka olahraga, maka kamu bisa jogging atau bersepeda gunung di sini. Walau begitu, selama ini banyak pengunjung yang datang hanya santai-santai di sekitaran lokasi dan menikmati segarnya hutan pinus.

Oh Iya, kawasan wisata gunung pancar juga menyediakan hammock yang sudah digantung di beberapa pohon pinus. Pengunjung pun bisa dengan bebas duduk santai di hammock tersebut. Bahkan saat ini disediakan pula banyak spot selfie yang bisa dijadikan latar foto yang Instagramable. Nah, daripada cuma menonton tv di rumah atau mendengarkan lagu, lebih baik liburan ke gunung pancar Bogor, kan? Yuk, liburan ke gunung pancar!

5. Bisa mandi air panas juga, lho!

Daerah Bogor memang punya beberapa pemandian air panas, dan salah satunya berada di kawasan wisata gunung pancar. Ya, tempat wisata satu ini memang punya pemandian air panas gunung pancar yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Saat kaki sudah lelah hiking, bersepeda, atau outbound, kamu bisa langsung menyegarkan diri di pemandian air panas gunung pancar atau yang lebih umum dikenal pemandian air hangat Giritirta.

Menariknya, di pemandian air panas gunung pancar, kamu bisa memilih mau berendam di kolam umum atau pribadi. Wah, kebayang, dong, betapa menyenangkannya liburan di gunung pancar Bogor.

6. Ada cafe bernuansa alam yang suguhkan makanan lezat

Gunung pancar Sentul tak hanya menawarkan pesona hutan pinus gunung pancar saja, tapi juga turut menghadirkan cafe bernuansa alam yang kece dan cocok dijadikan tempat nongkrong di Bogor. Letaknya yang berada di Tengah hutan pinus gunung pancar, cafe satu ini akan memberikan suasana ngopi dan ngeteh yang berbeda.

Bukan cuma asyik dijadikan sebagai tempat untuk seru-seruan bareng teman atau keluarga saja, tapi cocok juga untuk kamu yang ingin membangun suasana romantis bareng pasangan. Bayangkan saja, suasana makan di kafe ini tak hanya ditemani dengan secangkir

kopi dan teh hangat saja tapi juga suara-suara cuitan burung yang bikin momen ngopi semakin berkesan.

7. Sering dijadikan tempat pre-wedding

Mengingat suasana gunung pancar yang asri dan teduh, kawasan wisata gunung pancar ini sering banget dijadikan tempat prewedding. Apalagi, saat ini tema rustic tengah naik daun dan kian digandrungi oleh generasi muda yang akan menikah. Nah, bagi kamu yang telah mantap untuk menikah dan sedang mempersiapkan foto prewedding bertema rustic, maka gunung pancar cocok banget dijadikan lokasi utamanya.

Walau Bandung punya lebih banyak taman hutan raya, namun gunung pancar Bogor juga tak kalah epic dengan yang ada di Bandung. Hutan pinus gunung pancar akan membuat kesan rustic dan vintage semakin terlihat menonjol, sehingga foto yang dihasilkan pun akan semakin indah. Tapi, kalau kamu tak mau foto prewedding, dan hanya ingin sekadar foto-foto saja, maka boleh-boleh saja. Dijamin semua hasil fotonya akan terlihat instagenic.

Nah, kalau kamu ingin liburan ke gunung pancar, ada tips khusus yang patut kamu ikuti. Pertama, pastikan kalau kamu menggunakan sepatu ternyamanmu mengingat kawasan wisata gunung pancar yang menanjak. Kedua, bawalah jaket karena cuaca di gunung pancar Sentul cukup dingin. Selain itu, kalau kamu mau bersepeda di gunung pancar, maka persiapkan peralatan bersepeda secara detail untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Jadi, sudah siap liburan ke gunung pancar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *